Indonesia Masih Punya Tokoh Pluralisme

March 22, 2010

Kompas, Jumat, 12 Februari 2010 | 03:14 WIB

Jakarta, Kompas – Setelah meninggalnya mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur akhir tahun lalu, Indonesia kini hanya memiliki mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Ma’arif sebagai tokoh pluralisme, guru bangsa, dan pelindung kelompok minoritas. Pemikiran dan gerakan Syafii masih sangat diperlukan untuk membangun bangsa.

Hal itu diungkapkan Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas St Sularto saat memberikan testimoni tentang Syafii Ma’arif dalam peluncuran novel Si Anak Kampoeng di Jakarta, Kamis (11/2) malam. Novel terbitan Gramedia Pustaka Utama itu diangkat dari skenario film dengan judul yang sama tentang perjalanan hidup pria yang akrab disapa Buya Syafii itu.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh lintas agama, seperti Wakil Ketua I Konferensi Waligereja Indonesia Mgr I Suharyo, guru besar Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Franz Magnis-Suseno, Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Pdt AA Yewangoe, dan Ketua Umum Majelis Buddhayana Indonesia Sudhamek AWS. Hadir pula sejumlah pengusaha, seperti Sofjan Wanandi dan Edi Limbong.

Tokoh Muhammadiyah yang hadir, antara lain, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, mantan Menteri Pendidikan Nasional Malik Fadjar dan Yahya Muhaimin, serta Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Hajrianto Y Thohari.

Dalam testimoninya, St Sularto mengatakan, Indonesia yang tumbuh sebagai bangsa yang plural adalah cita-cita yang selalu diidam-idamkan oleh Syafii.

Penulis novel, Damien Dematra, mengatakan, Buya adalah satu-satunya guru bangsa yang dimiliki Indonesia saat ini setelah wafatnya Gus Dur.

Menurut Yewangoe, Indonesia harus bersyukur masih memiliki Syafii karena tidak setiap hari akan lahir seorang guru bangsa.

Menanggapi segala pujian yang disampaikan kepada dirinya, Syafii hanya merendah bahwa ia tidak sehebat yang disampaikan. Ia balik memuji para koleganya itu. (MZW)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: